Senin, 07 Juni 2010

Juni

Habis Mei terbitlah bulan Juni. Gregorian kalender yang berafiliasi pada solar system, telah sekian lama, paling tidak sudah lebih dari 2000 tahun membantu manusia menemukan tempatnya dalam dimensi waktu yang tidak berbatas. Lalu apa artinya Juni?. Jika satu tahun terdiri dari 12 kali rotasi bulan mengelilingi bumi, maka hitungan yang keenam berarti sudah separuh jalan perjalanan bumi mengelilingi matahari. Putaran yang biasa-biasa saja. normal.Siklus yang telah terjadi sepanjang umur matahari dan bumi itu sendiri. Yang tidak biasa adalah: Siklus itu tidak pernah sama detik per detik selama umur matahari dan bumi. Detik pertama siklus dimulai sampai detik yang sama lagi pada siklus yang kesekian tidak pernah sama keadaan bumi dan matahari. Artinya juni pada siklus pertama tentulah berbeda dengan juni-juni yang pada siklus berikutnya. Peristiwanya, baik alamnya maupun sosialnya berbeda. Sehingga arti juni sekarang pastilah berbeda dengan juni kemarin dan juni yang akan datang. Disinilah sebuah arti menemukan artinya ketika dia memiliki identitas yang berbeda.Juni memiliki arti. Arti buat siapa?

Manusialah yang memberikan juni arti dalam bahasa yang bisa di mengerti oleh manusia. Binatangpun memberikan arti bulan juni dengan bahasa mereka. Juni artinya musim kawin bagi banyak species. Bagi penyu laut, bulan juni adalah bulan bertelur. Mereka berenang ribuan mil menuju belahan bumi Utara yang sedang menghangat dan meletakan telur-telur mereka di pantai yang hangat.

Bulan juni tahun ini ditandai dengan berdampingannya cahaya merah dari planet mars dan cahaya biru dari bintang regulus pada langit barat. Tentu perpaduan yang indah, sebab merah menyiratkan semangat dan vitalitas sementara biru bermakna teduh dan tenang. Dua kutub yang sebenarnya berbeda tetapi saling melengkapi satu sama lain. Merah memerlukan biru untuk menyeimbangkan vitalitasnya sementara biru memerlukan merah untuk membuat gairah.

Bulan juni tahun ini juga akan dimaknai sebagai pertandingan sepakbola terbesar sejagad yang dilaksanakan pertama kali di benua Afrika. Afrika akan menunjukan kelasnya yang setara dengan benua-benua yang lain dalam penyelenggaraan hajatan itu. Soal juara? itu juga ditunggu.

Banyak pakar memperkirakan bahwa benua afrika akan unjuk kekuatan dalam kontes itu. Negara-negara seperti pantai gading, togo, kamerun, dan ghana diprediksi akan membuat kejutan.

Bulan juni sudah datang. akan ada 30 hari, 720 jam, 43,200 menit dan 2,592,000 detik yang berbeda, yang tidak akan pernah sama dan beridentitas. Maknailah juni ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar